MACAM – MACAM PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN

1. Pendekatan  Konsep

Pendekatan konsep adalah pendekatan pembelajaran yang secara langsung menyajikan konsep memberikan kepada siswa untuk memahami konsep yang diperoleh secara benar dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi).  Konsep adalah perangsang yang memiliki ciri-ciri tertentu yang sama merupakan struktur mental yang diperoleh dari pengamatan dan pengalaman.

Kondisi-kondisi yang dipertimbangkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan konsep adalah:

  • Menanti kesiapan belajar, kematangan berpikir sesuai denaan unsur lingkungan.
  • Mengetengahkan konsep dasar dengan persepsi yang benar yang mudah dimengerti
  • Memperkenalkan konsep yang spesifik dari pengalaman yang spesifik pula sampai konsep yang komplek.b. Mengetengahkan konsep dasar dengan persepsi yang benar yang mudah dimengerti.

2. Pendekatan Proses

Pendekatan proses adalah suatu pendekatan pengajaran yang diberikan kepada siswa dengan menekankan pada bagaimana bahan pelajaran itu diajarkan dan dipelajajari, sehingga pendekatan ini lebih mengarah pada prosesnya. Pendekatan ini bertolak belakang atau kebalikan dari penekatan konsep.

3. Pendekatan Induktif

Pendekatan induktif merupakan proses penalaran yang bermula dari keadaan khusus  menuju keadaan umum. Metode ini sering disebut sebagai sebuah pendekatan pengambilan kesimpulan dari khusus menjadi umum. Pendekatan ini menekanan pada pengamatan terlebih dahulu, kemudian menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.

4. Pendekatan Deduktif

Pendekatan deduktif (deductive approach) adalah pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan (conclusion) berdasarkan seperangkat premis yang diberikan. Penarikan kesimpulan secara deduktif menggunakan pola berpikir yang disebut silogisme. Dalam sistem deduktif yang kompleks, peneliti dapat menarik lebih dari satu kesimpulan. Metode deduktif sering digambarkan sebagai pengambilan kesimpulan dari sesuatu yang umum ke sesuatu yang khusus.

Penerapan macam-macam pendekatan dalam pembelajaran matematika.

Posted on January 21, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: