Strategi pembelajaran

Merupakan cara- cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada   akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya di akhir kegiatan belajar. Di dalam strategi pembelajaran terdapat perencanaan-perencanaan yang dibuat guru. Pada prinsipnya strategi pembelajaran bersifat konseptual berupa rencana keputusan yang akan diambil dalam proses pembelajaran.

Macam – macam strategi :

Ditinjau dari sisi strategi, dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

  1. exposition-discovery learning yaitu bahan pelajaran disajikan pada siswa secara langsung dalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan tersebut dan guru berfungsi sebagai penyampai informasi.
  2. group- individual learning yaitu prosedur dan metode yang ditempuh oleh guru yang memberikan kemudahan bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri atau melalui kegiatan kelompok.

Sementara, dilihat dari sisi cara penyajian dan cara pengolahannya, dapat dibedakan menjadi dua pula yaitu strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.

 

Posted on March 19, 2013, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: